Thursday 24 March 2011

Tutorial FMCDU

PMDG 737-800 merupakan salah satu addon yang mendapat sambutan luar biasa dari para penggemar game Microsoft Flight Simulator. Hal ini dikarenakan addon ini memiliki detail kokpit yang bagus, FMC yang hampir mendekati aslinya dan juga flight dynamic yang luar biasa.

Add on ini sangat mudah untuk diterbangkan dan dikembangkan seperti SID/STAR nya yang hanya memerlukan windows notepad untuk membuat SID/STAR baru.

Berikut ini saya akan membahas mengenai preflight FMC agar dapat menerbangkan pesawat ini menggunakan LNAV dan VNAV atau secara otomatis.

Pesawat : PMDG Boeing 737-800 Garuda Indonesia
Rute : JKT – DPS


Berikut ini adalah struktur dari CDU, semacam keyboard untuk memasukkan data pada FMC.



Kita akan memulai dari POS INIT page di bagian FMC.

Isikan reference airport, yaitu airport yang akan digunakan sebagai referensi kita. Disini yang kita masukkan adalah airport tempat keberangkatan kita


Setelah terisi, tekan Line Select 6R dan kita akan menuju ke ROUTE PAGE. Isikan WIII pada ORIGIN, WADD (tujuan kita) pada DEST, dan flight number kita.


Kemudian tekan tombol DEP/ARR pada CDU Function keys, dan anda akan menuju ke page berikut. Tekan bagian <DEP di samping WIII


Pilih 25R, HLM2G, dan KASAL


Tekan kembali tombol DEP/ARR di CDU Function keys dan kali ini tekan tombol Line Select 2R ARR> di samping WADD


Pilih VOR/DME09


Tekan Line Select (LS) 6R yaitu ACTIVATE, lalu lampu execute akan menyala, dan tekan tombol EXECUTE.


Jika sudah, kembalilah ke RTE page dan liat apakah route tersebut sudah aktif. Ditandai dengan tulisan ACT RTE di atas


Selanjutnya tekanlah LS 6R yaitu PERF, dan anda akan dibawa menuju ke PERFORMANCE PAGE. Isikan data-2 disini sesuai urutan anak panah, dimulai dari kanan atas kebawah, dan menyamping ke kiri, selanjutnya ke atas. Isikan cruise altitude anda (misalnya 39.000 kaki), tansition altitude (di Indonesia 11.000), cost index (0-200), reserve fuel (dengan alternate SUB berkisar 3.000 kg-an) dan ZFW (berat pesawat tanpa fuel). Jika sudah diisi semua, tekanlah tombol EXEC (tombol ini akan menyala sendiri apabila semua kotak sudah terisi)


Kemudian kita akan menekan LS 6R, dan dibawa menuju N1 LIMIT page. Skip bagian ini jika anda ingin menggunakan full takeoff thrust. Saya mengisi 40 untuk menggunakan reduce 40. Penggunaannya tidak bisa sembarangan, harus melihat dulu RTOLW table untuk landasan tersebut. Biarkan kosong jika anda tidak ingin repot.


Berikutnya tekan tombol 6R untuk menuju ke TAKEOFF REF page. Pastikan PRE-FLT COMPLETE sudah tertulis.


Anda bisa menekan tombol NEXT PAGE untuk menuju ke take off ref page 2, dan ketiklah 1000, dan masukkan ke bagian 6R. Gunanya adalah pesawat akan me reduce powernya secara otomatis di ketinggian 1000 feet, bukan di 1500 feet seperti default nya.


Selesai?

Belum. Masih ada beberapa bagian lagi yang harus kita kerjakan.

Berikutnya kita akan menekan tombol CLB di bagian CDU Function keys, dan kita tuliskan 250/100 dan kita entry kan ke bagian 3L. Gunanya adalah apabila kita engage VNAV di bawah 10.000 feet, kecepatan pesawat akan di limit di 250 knot sesuai dengan aturan standard. Jika tidak bisa di entry, biarkan saja. Lakukan hal yang sama di DES page (dengan menekan tolmbol DES pada CDU function keys)


Jika sudah, tekan tombol LEGS dan rubahlah ND mode selector ke PLAN (dengan demikian kita akan bisa melihat rutenya satu persatu)


Anda bisa menekan tombol STEP di bagian 6R yang akan muncul otomatis begitu anda memindahkan ND mode selector ke PLAN. Pastikan tidak ada rute yang terputus (Route discontinuity) seperti gambar di bawah ini.


Isikan semua waypoint untuk penerbangan tersebut, yaitu HLM - KASAL - CA - PIALA - ANY - BA - SBR - RABOL - KUTA


Step berikutnya adalah persiapan takeoff. Untuk takeoff, page anda di set di TAKEOFF REF. Masukkan take off V2 speed anda di window di MCP


Isikan juga window-2 lain di MCP tersebut seperti di bawah ini.


Done!

Anda siap untuk terbang. Set flaps anda di 5 derajat, dan anda siap tinggal landas.

Untuk prosedur penerbangan menggunakan Boeing 737-800 PMDG ini bisa dipelajari di program type rating Boeing 737-800 yang diadakan oleh flightsim division.

Have a nice flight!
Rinaldi Hanafi

12 comments:

  1. ini tulisannya Capt. Rinaldi Hanafi ya?

    ReplyDelete
  2. iya, kalo gak salah udah aku masukin nama deh... tapi kayanya ada masalah nih, aku edit dulu

    ReplyDelete
  3. cara ngubah nd modeselector ke plan gmna yah ??

    ReplyDelete
  4. KALAU MCP NOLAK ID AIRPORT, KATANYA (NOT IN DATABASE) KENAPA YA.

    ReplyDelete
  5. kalo mau donlod pmdg 737 dmn si?

    ReplyDelete
  6. bagus capt. saya soalnya bercita-cita jadi pilot tpi sya masih SMP maka nya saya belajar dari sekarang.

    ReplyDelete
  7. Kalo tutorial MCDU A320 aerosoft buat fsx ada gak mas?

    ReplyDelete
  8. Makasih, gan. Tapi kok beda yah. gak keluar Sids-nya

    ReplyDelete
  9. Minta info kalo fxs dvd nya masi ada yang jual gak 08568044427 wa ya buat info

    ReplyDelete
  10. Gan, KASAL di dep/arr bagian wiii departure gak ada

    ReplyDelete