Friday 8 April 2011

How to read a aproach chart.

Yuk kita bedah approach chart nya.



Di bagian paling atas ada keterangan airport mana dan type of approach nya. Denpasar Indonesia, VOR DME APPROACH Rwy09

Kemudian di bagian baris kedua ada frequency-2nya, ATIS, BALI APP, NGURAH TOWER, NGURAH GROUND.

Di baris ketiga, ada frequency dari BLI VOR (116,20), FINAL APP CRS (091), MINIMUM ALT D 10.6 (3000), MDA (470), Arpt elevation dan rnwy elevation.

Yang penting untuk digarisbawahi disini adalah MINIMUM ALT D10.6 dan MDA. Artinya apa?

Minimum ketinggian kita saat melakukan eksekusi VOR DME approach ini saat 10.6 DME adalah 3000 feet, jangan kurang. Lalu descent ke berapa? Ke MDA yaitu 470'.

Di baris berikutnya adalah MISSED APPROACH PROCEDURE. Kalau kita go around, ikuti procedure ini PERSIS seperti yang di state disini. Climb ke berapa? Ke 3000' lalu belok kanan ke KUTA lagi.

Di bawahnya adalah gambar dari eksekusinya.

Ada holding procedure di Kuta, itu seandainya karena traffic padat atau karena 1 dan lain hal kita harus holding, kita holding disana. Inbound nya 091, belok kanan. Harus 3000 feet? Enggak juga, 3000 feet adalah MINIMUM ALTITUDE untuk holding. Kalau banyak traffic yang holding, bisa aja tumpuk-2an disana. Ada yang 3000, ada yang 4000, ada yang 5000.

Nah, setelah clear for approach lalu ngapain?

kalau kita sehabis holding, descent lah ke 3000 feet lalu lakukan VOR DME Approach ini. Maintain 3000' sampai 10,6 DME, lalu leaving 3000 feet di 10.6 ini. Ke berapa? Ke MDA (470).

Altitude yang 1950, 1080, itu buat apa?

Itu hanya untuk crosschecking ketinggian kita. Saat 7 DME target kita adalah 1950'. Kalau misalnya 7DME kita 2100', berarti kita ketinggian. Tambahkan rate of descent nya. Kalau 7DME 1500', berarti khan kerendahan. Kurangi rate of descent nya.

Sudah, descent lah sampai 470 feet. Setelah 470' kita bisa decide, mau landing atau enggak. Kalau landing, ya tinggal landing. Kalau hujan deres misalnya dan gak keliatan runway, kita maintain aja 470 feet dan lakukan Missed Approach Procedure saat di 2 DME.

Darimana 2 DME itu?

Liat di kolom sebelah kiri, yang ada tulisannya "MAP at D2.0". Naah, itu dia si Missed Approach Point nya. Yaitu 1 point dimana Missed Approach Procedure dilakukan. Jadi jangan nunggu sampai overhead VOR dulu baru lakukan go around.

gitu kira-2..

Kalau temen-2 liat ada 1 kolom lagi di bawah yang ada tulisan "Straight in Landing runway 09" dan ada tulisan 2800 m. Apa artinya?

Yaitu visibility minimum yang diperlukan untuk melakukan VOR DME APP ini.

Gimana kalau saat itu visibility nya cuma 1500m? Boleh gak kita approach?

Gak boleh, kita harus nunggu sampai dia membaik at least 2800 meter tadi. Holding aja di Kuta, kalau gak membaik juga dan fuel nya mepet, divert aja ke SUB misalnya.

No comments:

Post a Comment